PUSAT UNGGULAN TEKNOLOGI


Pusat Unggulan Teknologi adalah suatu fasilitas teknologi yang dikembangkan sebagai sarana unggulan politeknik untuk memberikan solusi teknis dan manajerial terhadap pembangunan industri/kawasan ekonomi khusus.Seiring dengan perkembangan teknologi, Pusat Unggulan Teknologi telah memungkinkan dikembangkan Sistem Informasi Terpadu yang dapat membantu client maupun server dalam mendapatkan informasi. Hal ini yang dilakukan untuk memenuhi fasilitas dari Politeknik Negeri Manado sebagai salah satu perguruan tinggi yang lebih mengedepankan keterampilan skill.


Dasar / Landasan Hukum

Landasan Hukum: UU No.12/2012 pasal 80

a. Pemerintah mengembangkan secara bertahap pusat unggulan pada Perguruan Tinggi

b. Pemerintah mengembangkan paling sedikit 1 (satu) PTN berbentuk universitas, institut, dan/atau politeknik di setiap provinsi.

c. PTN sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan berbasis Tridharma sesuai dengan potensi unggulan daerah untuk mendukung kebutuhan pembangunan nasional.

Peran dan Fungsi PUT Politeknik

a. PUT sebagai pusat Inovasi

b. PUT sebagai pusat Penerapan Teknologi

Framework PUT Generik

Formulasi Rencana Strategis PUT, bersumber pada:

• Rencana Strategis Politeknik dari sisi Tri-dharma. PUT disiapkan untuk menunjang pengembangan Program Studi, Inovasi produk dan jasa yang diperlukan masyarakat sasaran.

• Rencana Pengembangan potensi lokal (diutamakan), regional atau Nasional untuk memasuki daya saing global.